Sambutan

10494859100013.1410573091

Berbagai usaha telah dilakukan pemerintah guna mendongkrak mutu pendidikan kita, usaha tersebut terlihat dari 8 Standar Pendidikan Nasional yang selalu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Berbagai program diterapkan dan dijalankan,baik fisik maupun non fisik, semua mengarah ke satu kata kunci yaitu perbaikan mutu. Tanpa dukungan dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan dunia pendidikan, tentunya usaha tersebut hanya akan menghasilkan mimpi belaka.

Suatu hal yang perkembangannya sangat pesat adalah Teknologi Informasi, hampir seluruh aspek pendidikan tersentuh dan butuh akan hal ini oleh karenanya seluruh pemangku kepentingan dunia pendidikan dituntut untuk menguasai,paling tidak mengikuti perkembangannya. Dalam hal ini Balitbang Kemdikbud sangat jeli melihat dan menangkap urgensi yang ada di dunia pendidikan, Dengan adanya Pelayihan Pembuatan Website Sekolah dan memfasilitasi pembuatan domain serta hostingnya, merupakan suatu terobosan yang sangat baik akan tetapi bila model pelatihan tetap dilaksanakan secara reguler seperti pada saat pembangunan sistem, dengan asumsi anggaran yang tersedia sekitar 500 juta rupiah per tahun untuk melatih 50 sekolah, sementara cakupannya adalah seluruh sekolah (sekitar 300 ribu sekolah) mendapatkan pelatihan, maka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pelatihan kepada seluruh sekolah tersebut adalah 6000 (enam ribu) tahun dengan biaya sekitar Rp 3 trilyun (Rp 10 juta/sekolah) tanpa menghitung faktor inflasi.

Sementara itu, bila dilihat dari data pengguna CMS Balitbang sampai dengan akhir tahun 2012, terdapat sekitar 3000 sekolah yang menggunakanya atau rata-rata pertumbuhan penggunanya adalah 1000 sekolah per tahun, sehingga untuk mencapai sekitar 300 ribu sekolah akan dibutuhkan waktu sekitar 300 tahun.

Untuk itulah, mulai tahun 2013 pelatihan pembuatan website sekolah (CMS Balitbang) dilakukan dengan model on-line. Penggunaan model on-line ini diharapkan dapat mengapai seluruh sekolah dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Dengan gambaran seperti di atas, pelatihan secara on-line ini akan dapat memenuhi azas efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas, sekaligus memenuhi unsur keadilan. Sedangkan motto yang meng-ilhami pelatihan ini adalah: “mudahkanlah, jangan dipersulit!” dan “Membuat Website Sekolah? MUDAH!”

Pendaftaran peserta pelatihan cms Balitbang on-line ini akan ditutup pada tanggal 16 Desember 2013.

Semoga dengan adanya pelatihan on-line ini menjawab berbagai pertanyaan tentang pembuatan website sekolah menggunakan cms Balitbang dan memberikan kesempatan kepada sekolah yang belum memiliki website serta tidak berkesempatan mengikuti pelatihan pembuatan website sekolah untuk ikut berpartisipasi mendaftar. Karena tidak ada jumlah batasan peserta dalam pelatihan ini.

Jangan lewatkan.... kesempatan yang baik ini, segera daftarkan diri dan sekolah Anda

Salam